Design and Build

Jumat, 30 November 2018

Bagai Mana Cara Mengitung Biaya Membangun Rumah


Bagai Mana Cara Mengitung Biaya Membangun Rumah


30 Novembe 2018

infobisnisproperty.com


Rumah, iya rumah !!! Kita sering mendengar rumah, dan kata rumah itu bukan lagi kata yang asing untuk kita. Setiap orang pasti menginginkan rumah. Beberapa cara dapat kita lakukan untuk mendapatkanya, baik kita mebeli rumah jadi, maupun membuat sendiri. Dari beberapa cara tersebut manakah cara yang paling efektif bagi kita yang ingin memiliki rumah? Untuk mengetahui seberapa efektifnya tergantung dari kita, bagai mana kondisi finansial kita. Bila kondisi uang kita belum memungkinkan untuk membuat sendiri atau membeli secara langsung, kita dapat mngajukan KPR Kredit Pemilik Rumah. Namun tidak ada salahnya kita mengetahui rencana biaya pembangunan rumah ?

Disini saya akan membahas apa saja yang harus di perhatikan untuk membangun rumah, dan pengeluaran apa saja yang harus di anggarkan. Tetapi anda harus sudah memiliki desain rumah terlebih dahulu dan mengetahui bagaimana cara membacanya.

a.       Kita harus tahu berapa luas lahan yang akan kita bangun
Pengecekan luas lahan adalah hal pertama yang harus dilakukan, karena disini kita tau apakah lahan yang tersedia sudah sesuai dengan desain kita apa belum. Terkadang kita sudah di beri informasi tentang lahan yang akan di bangun, namun tidak ada salahnya kita lakukan pengecekan ulang untuk memastikan luas lahan yang akan kita bangun.

www.sejasa.com

b.      Menghitung Biaya Desain
Sekarang ini belum banyak orang yang menggunakan jasa desain Arsitek, baik Eksterior maupun Interior. Namun sebenarnya banyak sekali manfaat menggunakan jasa desain tersebut :

1.  Menghindari resiko dari kesalahan desain antara pekerjaan struktur dan arsitek, yang mengakibatkan pembengkakan biaya, karena adanya pembongkaran atau biaya perbaikan yang ada diluar rencana kita. Seperti bangunan retak, bocor, bahakan rubuh.

2.  Walaupun menggunakan jasa desain sepertinya menambah biaya, namun menggunakan jasa desain Arsitek justru akan membantu mengurangi biaya yang di keluarkan. Karena selain mebuat desain, jasa desain juga akan membuat Rencana Anggaran Biaya RAB yang akan menjadi acuan biaya, yang di gunakan oleh pemborong dan pemilik rumah sebagai acuan pembangunan pembuatan rumah, biaya yang di keluarkan tidak akan bengkak.

3.    Jasa Desain akan memberikan saran secara profesional agar rumah tidak hanya berfungi secara fungsional namun juga tetap indah dan nyaman sesuai dengan kaidah estetika.
Sekarang ini harga Jasa Desain di hitung melalui dua cara. Pertama secara presentase dari RAB dan yang kedua secara m2 .Cara kedua yang saat ini lebih banyak ditawarkan karena biaya sudah ditentukan dari awal dan lebih menguntungkan pemilik rumah. Nilai yang di tawarkan sangat berfariasi karena setiap arsitek berbeda beda. Seperti di Jakarta perhitunganya Rp 250.000,- s/d Rp 350.000,- per m2. Sedangkan di tempat lain ada juga yang menawarkan 5-7% luas lahan x Rp.5 juta.

forumrumah123.com

c.       Menghitung Material
Jika Desain sudah ada, langkah selanjutnya adalah menyiapkan daftar material apa saja yang dibutuhkan untuk membangun rumah. Material yang di butuhkan pada dasarnya sama saja dengan yang di butuhkan pada pembuatan rumah yang lain, hanya saja yang membedakanya hanya pada volume saja.

1.       Pasir
Pasir adalah bahan yang digunakan untuk plester, cor, screeding  dan lainya. Pemilihan pasir yang bagus adalah dengan kadar lumpur yang sedikit, agar semen dan pasir dapat mengikat dengan baik. Harga material pasir sangat beragam, anatara  Rp 190 ribu – Rp 290 ribu per m3.

2.       Semen
Disini peran semen sangat penting dalam proses pembangunan rumah. Karena semen sebagai bahan pengikat utama dari pasir dan material lain untuk proseses pemasangan dinding, pondasi pengecoran. Harga juga sangat bervariasi tergantuk mereknya. Harga semen saat ini adalah Rp 65 ribu – 75 ribu per 50 kg.

3.       Batu Kali
Material utama dalam pembuatan pondasi rumah adalah batu kali, dalam pemasanganya biasanya pondasi batu kali disusun secara trapesium dengan campuran semen dan pasir yang direkatkan dan susun secara merata. Harga dari batu kali sendri adalah Rp 185 ribu – Rp 220 ribu / m3.

4.       Besi
Besi sangat penting fungsinya dalam pembuatan strukr pada bangun. Seprti pada pekerjaan pembuatan kolom, balok, dan plat lantai sangat penting peranya dalam pebuatan struktur tersebut. Harga besi sendri adlah Rp 8.700,- /kg - Rp 9.000.=/kg.

5.       Split
Split biasanya digunaka sebagai campuran bahan coran, split yang bagus adalh yang keras, berat dan tidak berongga. Harga dari split ini sendiri adalah Rp 190 ribu / m3.

6.       Bata Ringan
Pada jaman sekarang orang lebih suka menggunakan material bata ringan, kareana proses pemasanganya yang cepat dan beratnya yang ringan. Harga yang ditawrkan adalah Rp 650 ribu – Rp 800 ribu / m3.

7.       Baja Ringan
Sekarang ini baja ringan sangat di gemari untuk pembuatan rangka atap, karena sifatnya yang ringan dan kuat, proses pemasanganya juga sangat cepat. Sehing paling sering menjadi pilihan dalam pembuatan rumah tinggal. Harga dari baja ringan sendiri adalah Rp 40 ribu - Rp 100 ribu per batang.

8.       Genteng
Genteng sangat banyak sekali macamnya
·         Genteng Tanah liat   : Rp 1 ribu,- Rp 3 ribu per biji
·         Genteng Beton         : Rp 95 ribu - 115 ribu per biji.
·         Genteng Keramik     : Rp 45 ribu - 140 ribu per biji.

9.       Kusen
Kusen adalah material untuk memasang Pintu dan Jendela yang berfungsi sebagai frame. Kusen sendir ada berbagai macam Kayu, Aluminium dan Baja.
·         Harga Kusen Aluminium        : Rp 95 ribu - 280 ribu per m1.
·         Harga Kusen Kayu Jati            : Rp 150 ribu - 300 ribu per m2.
·         Harga Kusen PVC                     : Rp 200 ribu per m2.


forumrumah123.com
d.      Menghitung Biaya Pekerja
Biaya yang dikeluarka untuk membayar teanga kerja ada berbagai macam cara untuk mengitungnya. Besarnya upah tenaga kerja juga bervariasi sesuai tempat dan kemampuan dari pekerja tersebut.
Berdasarkan proyek sudah kami kerjakan, ada tiga system pengupahan tenaga kerja pekerja proyek untuk membangun rumah. Antara lain upah harian, upah brong jasa dan upah borong penuh. Menurut proyek yang kami kerjakan beberapa waktu adalah 130 ribu s/d 180 ribu per hari. Sedangkan upah borong jasa adalah Rp 1 juta 200 ribu s/d Rp 1 juta 500 ribu per m2. Sedangkan upah borong penuh sebenarnya sama saja dengan upah borong teanga, harganya Rp 4 juta 500 ribu s/d Rp 7 juta 500 ribu per m2. Jika dilihat ini memang lebih praktis di bandingkan dengan kita membayar upah secara harian. Namun kita harus hati untuk mempercayakan pada kontraktor yang berpengalaman dan terpercaya. Sperti Harnawan Studio adalah salah satu jasa pembuatan desain dan pemborong, baik teaga maupun beserta materialnya.



Harnawan Studio  :  adalah personal yang melayani jasas desain interior dan pengerjaan renovasi, interior untuk apartemen, rumah, toko, restoran, cafe, kantor, dan lainya. Kami juga menerima pesanaan pembuatan furniture seperti lemari pakaian, rak tv, kitchen set, nakas, rak buku, meja dan kursi, jendela dan pintu, raling, pagar, kanopi, office furniture, apartement furniture, café furniture dan masih banyak lagi.





Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Harnawan Studio | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com